Manfaat Masker Spirulina Bagi Wajah

Manfaat Masker Spirulina Bagi Wajah

Tp Linkces –┬áSpirulina merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling sering digunakan sebagai suplemen kesehatan dan kecantikan, misalnya sebagai bahan masker. Tahukah anda apa saja manfaat masker spirulina ini untuk wajah dan kulit secara keseluruhan? Bagi anda yang belum familiar dengan spirulina, itu adalah sejenis ganggang biru kehijauan. Spirulina merupakan salah satu jenis tumbuhan cyanobacterial yang dapat tumbuh di air tawar dan air laut.

Seperti tumbuhan lain, cyanobacteria dapat menghasilkan energi melalui fotosintesis menggunakan sinar matahari. Sejarah membuktikan bahwa spirulina sudah banyak dikonsumsi sejak zaman Aztec, karena dipercaya memiliki manfaat bagi kesehatan. Penelitian awal menunjukkan bahwa spirulina juga mengandung antioksidan, obat anti inflamasi, dan bahan lain yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Untuk itulah, berbagai produk kecantikan berlomba-lomba menciptakan paduan rumput laut.

Manfaat masker wajah spirulina lengkap

1. Mencegah timbulnya jerawat

Masker spirulina dipercaya dapat mencegah berkembangnya bakteri penyebab jerawat. Selain itu, memakai masker ini juga bisa mengurangi peradangan akibat jerawat.

2. Mencerahkan kulit

Manfaat lain dari masker spirulina adalah mempercepat metabolisme kulit sehingga sel kulit mati cepat terangkat dan diganti dengan lapisan baru yang lebih ringan.

3. Melembabkan kulit wajah

Penelitian lain juga menunjukkan bahwa masker spirulina dapat melembabkan kulit wajah dan mencegah kehilangan air transepidermal.

4. Pengurangan minyak di wajah

Manfaat masker spirulina ini sangat bermanfaat bagi pemilik kulit berminyak karena kandungan ganggang dapat mengontrol kelebihan sebum di wajah.

5. Sebagai anti penuaan

Spirulina juga mengandung bahan aktif yang dapat memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan harga dr laser. Penelitian menunjukkan bahwa masker spirulina cocok untuk wanita dari usia tua hingga dewasa bahkan hingga lanjut usia. Namun, hentikan penggunaan segera jika reaksi alergi seperti kulit kemerahan atau gatal terjadi hingga bibir tampak bengkak setelah menggunakan masker spirulina.

Masker spirulina dapat dibeli dalam bentuk lembaran atau masker topikal. Membuatnya sendiri di rumah dengan perpaduan bahan-bahan alami cukup mudah dilakukan. Untuk meracik masker spirulina buatan sendiri, Anda bisa membeli bubuk spirulina terlebih dahulu di toko online maupun offline.

Jangan memanaskan bubuk spirulina (termasuk mencampurnya dengan air panas) agar nutrisi yang dikandungnya tidak hilang. Bubuk spirulina yang tidak terpakai juga harus disimpan di lemari es untuk mencegah bahan rusak saat digunakan kembali.

Untuk melakukannya, sesuaikan bahan tambahan yang akan dicampurkan dengan bubuk spirulina berdasarkan manfaat masker spirulina yang ingin Anda capai. Berikut ini beberapa contoh cara membuat masker spirulina sendiri.

1. Untuk melembabkan kulit

Bahan:

  • 1 sendok makan bubuk spirulina
  • 2-3 sendok teh gel lidah buaya

Bagaimana melakukan:

Campur bahan-bahan tersebut hingga tercampur, lalu oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air bersih dan cuci dengan handuk. Terakhir, oleskan pelembab ke wajah Anda.

2. Untuk memeriksa oli

Bahan:

  • 1 sendok makan spirulina
  • 1 sendok makan madu

Bagaimana melakukan:

Campur bahan secara merata dan oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 10-15 menit, bilas dengan air bersih, cuci dengan handuk, lalu oleskan pelembab kulit berminyak ke wajah Anda.

3. Untuk anti penuaan

Bahan:

  • 1 sendok makan spirulina
  • 1 sendok makan minyak almond
  • 2 tetes minyak vitamin E.

Bagaimana melakukan:

Campur semua bahan hingga tercampur, lalu oleskan ke seluruh wajah. Biarkan selama 10-15 menit, bilas dengan air bersih, lalu cuci dengan handuk dan oleskan pelembab untuk mengunci kelembapan di wajah Anda setelah masking.