Penjelasan Kain Denim Lengkap

Penjelasan Kain Denim Lengkap

Tp Linkces –┬áDenim merupakan jenis kain yang proses produksinya ditenun menggunakan serat kapas berwarna biru. Serat kapas biru yang sesuai untuk jenis pakan ini. Sedangkan untuk jenis fungsinya menggunakan benang putih. Inilah mengapa sebagian besar kain bagian dalam jeans terlihat putih.

Kain jenis denim dibuat dengan tenunan kepar atau semacam jalinan silang kepar. Bahan jenis ini karenanya mampu membentuk garis diagonal yang merupakan ciri khas kain denim pada umumnya.

Awalnya, kain denim dikembangkan oleh Amerika Serikat untuk pekerja pertambangan. Namun kini kain denim digunakan untuk berbagai produk dan bisa digunakan oleh hampir semua orang. Diantaranya produk yang terbuat dari bahan ini, seperti tas, sepatu, kemeja dan masih banyak lagi

Bahan denim ini dinamakan Real Denim atau Real Denim jika produknya terbuat dari 100% katun. Sementara itu, saat ini banyak produk Denim yang dicampur dengan berbagai bahan lain seperti Spandex. Ini membuat tekstur kain lebih fleksibel.

Tenunan denim adalah jenis tekstil yang paling tahan lama dan terkuat. Itulah mengapa denim pada awalnya digunakan untuk pakaian para pekerja pertambangan. Padahal, kain denim sangat fashionable saat ini karena memang menawarkan produk yang kuat dan tahan lama

Awalnya, kain denim adalah jenis kain katun kasar. Kain jenis ini awalnya digunakan untuk pakaian para pekerja pertambangan. Nama Denim sendiri diambil dari sebuah kota yang terletak di kawasan Perancis dengan nama Nimes. Awalnya, kain denim itu sendiri diberi nama Serge De Nimes. Kemudian, seiring waktu, nama tersebut disingkat menjadi Denim atau De Nimes. Arti kata De Nimes berasal dari Nimes. Bahan kain yang memiliki jenis kain ini sangat kuat. Ini karena zat ini berasal dari kapas kepar.

Kain denim jenis ini sangat mudah dicuci, memiliki tekstur agak kasar dan relatif tahan lama. Padahal, jika Anda amati, tekstur yang Anda miliki memang mirip dengan karpet. Namun, tampaknya lebih tipis dan lebih halus. Di awal kemunculan kain jenis ini hanya ada satu warna yang ditawarkan, yakni indigo. Namun seiring berjalannya waktu dan banyaknya permintaan konsumen, saat ini terdapat warna berbeda yang dimiliki jenis kain denim ini. Dimulai dengan warna hitam, abu-abu, khaki putih, biru muda, coklat dan warna lainnya. Bahkan sekarang ada warna-warna cerah seperti hijau, merah, pink, dll.

Kain denim memiliki beberapa keunggulan. Karena berbagai keunggulan tersebut, zat jenis ini banyak diminati. Berikut penjelasan keunggulan kain denim yang dimaksud.

1. Bahan Kuat Dan Tahan Lama

Kain denim merupakan salah satu jenis kain yang dianggap memiliki bahan yang kokoh. Ini bisa dibuktikan di awal sejarahnya, ketika kain ini digunakan untuk pegawai tambang. Kecil kemungkinan karyawan tambang akan menerima pakaian yang mudah rusak. Berkat bahannya yang kokoh, kain jenis ini tahan lama dan tidak mudah rusak.

2. Nyaman Saat Dipakai

Selain memiliki bahan yang kuat dan awet, produk denim sangat nyaman digunakan. Beberapa bahan denim dengan tekstur agak elastis sebenarnya tak kalah nyaman dipakai. Jenis denim original juga cocok untuk berbagai aktivitas yang dilakukan di musim dingin. Ini karena jenis zat yang relatif kasar

3. Tampak Elegan Saat Dipakai

Keunggulan lain dari bahan Denim adalah penampilannya yang terlihat elegan dan cantik. Tentunya, tampilan yang elegan bisa menambah rasa percaya diri seseorang. Jenis kain ini memungkinkan untuk dipasangkan dengan berbagai jenis pakaian dan aksesoris yang menarik, sehingga pemakainya akan terlihat lebih elegan. Denim adalah bahan yang mudah robek saat dikenakan. Ini tentu saja karena pola dan tekstur yang kasar. Misal, seseorang jatuh dari sepeda motor dan menabrak aspal, tingkat keamanan pada kulit dan goresan yang akan ia atasi. Karena bahan denim ini tidak mudah robek

Selain memiliki sejumlah keunggulan, kain denim terbukti memiliki beberapa kekurangan. Faktanya, tidak banyak kekurangan pada jenis kain denim ini. Tidak sedikit dari mereka yang mematikan.

1. Jumlah Pemalsuan

Kekurangan pertama dari jenis kain denim ini adalah sering terjadi pemalsuan. Ini sering terjadi dengan mempertimbangkan jumlah orang yang tertarik menggunakan jenis zat ini. Karena itu, orang harus membuat perbedaan yang lebih masuk akal antara apa yang nyata dan yang salah.

2. Modelnya Monoton

Selain itu, Denim Jain memiliki kekurangan. Misalnya dari segi model yang cenderung monoton. Anda pasti sering melihat model kain denim untuk celana, kemeja dan lain sebagainya. Ini pasti akan menjadi hal yang panjang. Kendati demikian, zat jenis ini masih menarik dan sangat dicari pembuatan jersey futsal

Anda mungkin juga suka...